I Made Sudiana

Forum Diskusi

Forum diskusi ini adalah wadah diskusi kebahasaan dan kesastraan. Siapa pun bisa menjadi narasumber dan menanggapi masalah dalam forum diskusi ini. Silakan Anda mengungkapkan dan menanggapi masalah bidang kebahasaan dan kesastraan.

Selamat berdiskusi….

  1. Salam basudara,

    Made yang indah semoga semakin semangat menyelesaikan berbagai kebutuhan untuk mengembangkan kebudayaan. Lain kali kita berdiskusi.

    Salam dari Manado,

    kamajaya al katuuk

  2. Pak Kamajaya Al Katuuk adalah sastrawan, budayawan, akademisi Manado, Sulawesi Sulawesi Utara.
    Sebagai sastrawan, beliau banyak menulis karya sastra. Sebagai budayawan, beliau mempunyai pemikiran yang luas tentang budaya. Sebagai akademisi, beliau adalah seorang dosen di Universitas Negeri Manado, Sulawesi Utara.
    Mudah-mudahan beliau bisa menjadi narasumber dalam diskusi di forum diskusi ini.

  3. swastyastu
    wah selamet de kembali lagi ke Menado. moga2 forum diskusi ini menambah wawasan qt. makasi buat programnya.

  4. sy apresiativ dgn ide Cemerlang dari Sdr sy Bp. MD. Sudiana untk mngbngkan sastra, budaya, bahasa bahkan bperlu adat istiadat via forum yg semarak ini … smga frm ini sll dhiasi oleh smarakx bahsa, sastra, dan budaya yg dpt mneduhkan hati, jiwa umat sdrma yg terpencar jauh serta membangkitkan cemerlangx pikiran rkn tuk menulis sebait kata2 tuk membuka mata dunia maya … suxma P’De

  5. selamat siang bapak made,,,
    boleh saya mau tanya arti dari sarwa bharata eka ga?

    • Nuemma,

      Mohon maaf, saya sebut Nuemma saja karena saya belum kenal nama Anda.
      Anda tidak menyebut konteks kata-kata ini.
      Secara singkat dapat saya jawab sebagai berikut.
      sarwa bermakna serba, semua
      bharata bisa bermakna keluarga bharata atau India
      eka bermakna satu
      Jadi kalau kita perhatikan makna per kata, kira-kira sarwa bharata eka adalah semua keluarga bharata adalah satu atau India keseluruhan adalah satu.
      Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.
      Terima kasih.

  6. punapi gatrane semeton sinamian …. ??????
    Nunas lugra…tyang jagi metaken.
    artinya “BIGUL” napi nggeh …..?????

  7. Ni ngaryan ring sesi karo, sing ketrapati ….. mawi plambang#dikutip dari lagu Indonesia Mahardhika oleh Guruh Soekarnoputra dalam album: Guruh Gipsy. Koreksi bung Made. Saya mengenal awal kebudayaan Bali dari musik eksperimen Guruh Gipsy tersebut. Juga ada lagu Chopin Larung: deng Chopin pade reng Bali, keraro saking daksina, titian mangenang Bali sunantoro wo ngrusak seni budaye. Santukan kelapu-lapu, santukan baruna kroda….. seng…seng wuri…. Juga Janger Saka: nyo ngarep-ngarep kala pune…

    Wah, kebudayaan Bali sangat kaya dan terus dikembangkan oleh para budayawan dan senimannya, termasuk bung Made. Maaf, saya baru bisa mendiskusikan lagi di web ini? Tampaknya, kita harus terus bisa menuliskan ide-ide kita di sini.

    Bung Made, makasi atas atensi anda telah meng-kanon-kan, kami sebagai penyair/sastrawan lokal dari Manado. 2009 lalu, kami — saya, Kamadjaja, Piter dan prakarsa Remy Sylado — melakukan napak tilas budaya Manado-Magelang bersama Rosa Herliany. Sempat dimuat di koran Kompas. Spirit itu terus dibangkit oleh Remy Sylado dengan tahun ini meluncurkan lagi drama tentang Diponegoro 1830, ketika menjadi tahanan di Manado. Saya kira, Jawa, Bali dan Manado memiliki ”napaktilas” budaya yang perlu terus dibangkitkan. Seorang mahasiswa saya, Ivan Kaunang, telah menempuh studi S3 di Udayana. Disertasinya ttg budaya Minahasa(Tari Mangket) ditilik dari disiplin ”cultural study”.

    Moga komunikasi ini akan terus menumbuhkan kreativitas kita di bidang kebudayaan pada umumnya. Akhirnya, saya sudah menerbitkan lagi tiga buku: Puitikologi Laut(Kumpulan Sajak), Bote (Biografi Pahlawan Wolter Mongisidi), Tata&Adat Bolaang Mongondow Utara, dan sementara proses cetak Kulturologi(Menulis Budaya).

    Salam,

    reiner ointoe

  8. ass.. pak, ada tidak skripsi atau tesis yang sudah membahas “peristilahan komputer dalam bahasa indonesia” atau semacamnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: